ISO 21001:2018
ISO 21001:2018 menetapkan persyaratan bagi sistem manajemen untuk organisasi pendidikan (SMOP) ketika organisasi tersebut:
- perlu mendemonstrasikan kemampuannya untuk mendukung perolehan dan pengembangan kompetensi melalui pengajaran, pembelajaran atau penelitian;
- bertujuan untuk meningkatkan kepuasan peserta didik, penerima manfaat lain dan staf melalui penerapan SMOP yang efektif, termasuk proses untuk perbaikan sistem dan jaminan kesesuaian dengan persyaratan peserta didik dan penerima manfaat lainnya.
Semua persyaratan ISO 21001:2018 bersifat umum dan dimaksudkan untuk dapat diterapkan pada setiap organisasi yang menggunakan kurikulum untuk mendukung pengembangan kompetensi melalui pengajaran, pembelajaran, atau penelitian, terlepas dari jenis, ukuran, atau metode penyampaiannya.
ISO 21001:2018 dapat diterapkan pada organisasi pendidikan dalam organisasi yang lebih besar yang bisnis intinya bukan pendidikan, seperti departemen pelatihan profesional.
ISO 21001:2018 tidak berlaku untuk organisasi yang hanya memproduksi atau memfabrikasi produk pendidikan
MENGAPA ISO 21001:2018 PENTING?
Organisasi pendidikan memiliki kebutuhan kritis dan berkelanjutan untuk mengevaluasi sejauh mana mereka memenuhi persyaratan peserta didik dan pelanggan lainnya, untuk meningkatkan kemampuan mereka untuk terus melakukannya.
ISO 21001 berfokus pada interaksi spesifik antara organisasi pendidikan, peserta didik dan pelanggan lainnya. Proses pendidikan saat ini menjadi semakin terfokus pada co-creation dimana relasi tradisional antara pelanggan dan pemasok disempurnakan menjadi kemitraan kolaboratif. Standar ini akan memberikan panduan tentang cara menghantarkan kualitas di lingkungan baru yang penuh tantangan ini.
Berbeda dari banyak sektor lainnya, proses pendidikan yang sukses memaksimalkan peluang keberhasilan peserta didik, meskipun tidak dapat menjamin hasilnya. Usaha dan kapabilitas dari peserta didik dan organisasi pendidikan merupakan variabel penting untuk keberhasilan proses pendidikan. Pembelajaran melibatkan internalisasi pengetahuan, metode dan keterampilan. Organisasi pendidikan menstimulasi internalisasi ini dan menyediakan kerangka kerja, input, proses dan sumber daya belajar untuk keberlangsungannya. Akan tetapi, usaha dan kapabilitas peserta didiklah yang pada akhirnya menentukan keberhasilan proses pendidikan tersebut.
TUJUAN PELATIHAN
- Memahami elemen-elemen dan operasi-operasi SMOP dan proses-proses utamanya
- Mengakui korelasi antara ISO 21001, ISO 9001 dan standar-standar serta kerangka peraturan perundangan lainnya
- Memahami pendekatan, metode dan teknik yang digunakan untuk implementasi dan pengelolaan SMOP
PENDEKATAN PELATIHAN
- Teori, pendekatan, dan praktik terbaik yang digunakan dalam implementasi SMOP ISO 21001:2108
- Sesi lecturing dengan contoh berdasarkan studi kasus
- Diskusi interaktif antar peserta
- Simulasi praktik
MATERI PELATIHAN
- Prinsip dasar ISO 21001:2018
- Konteks organisasi dan SMOP
- Komitmen dan Kebijakan Pimpinan
- Sumber daya, Kompetensi, Kepedulian, dan Komunikasi
- Dokumentasi dalam ISO 21001:2018
- Pemantauan dan Pengukuran, Audit Internal, dan Rapat Tinjauan Manajemen ISO 21001:2108
- Peningkatan Berkesinambungan ISO 21001:2018
DURASI PELATIHAN
Durasi:
Durasi pelatihan dilaksanakan selama 2 (dua) hari class room.
Jadwal:
Jadwal pelatihan dilaksanakan sesuai kesepakatan perusahaan dengan PT MBU
BIAYA INVESTASI
Biaya investasi merupakan kesepakatan antara perusahaan dengan PT MBU
INFORMASI
0895-6061-83764 (Christopher)